SMAN 4 PROBOLINGGO

Sekolah Penggerak

P5 SUARA DEMOKRASI SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO

Dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi ini seluruh siswa kelas X & XII terlibat dalam proses pelaksanaannya. Mulai dari menentukan Penetapan Daftar Pemilih Tetap, sosialisasi dari KPU Probolinggo, penyampaian visi misi bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS, debat kandidat, pembuatan kotak suara dan bilik suara, dan puncaknya  pelaksanaan pemungutan suara pemilihan ketua OSIS.

Untuk meningkatkan pemahaman sosialisasi pendidikan pemilih pemula, SMA Negeri 4 Probolinggo mengundang dari KPU untuk memberikan motivasi dalam rangkaian P5 suara demokrasi ini.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan debat kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah, calon pasangan menyampaikan program-program mereka kedepannya. Audiens dari siswa juga berkesempatan bertanya kepada pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Untuk kelengkapan pemilihan, siswa setiap kelas mendapatkan tugas pembuatan kotak suara dan bilik pemungutan suara secara kreatif menggunakan bahan sederhana dari kardus. Siswa bekerjasama dalam pembuatan kotak suara dan bilik suara pada hari Senin, Tgl 28 Agustus 2023.

Dalam pemilihan ketua OSIS ini berjalan lancar dan baik. Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini sebagai pembelajaran secara langsung bagi siswa dalam berdemokrasi. Siswa memahami pentingnya berdemokrasi. Siswa secara langsung belajar beberapa tahapan dalam pemilihan umum. Dalam pemilihan ketua OSIS ini semua  tata cara disesuaikan seperti pemilihan umum yang sudah ada. Siswa diberi bekal pembelajaran memberikan haknya diharapkan nanti dalam masyarakat saat pemilihan umum atau dalam pemilihan kepala desa setempat siswa sudah memahami beberapa tahapan berdemokrasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *