SMAN 4 PROBOLINGGO

Sekolah Penggerak

Hari Kartini 21 April 2024

Sma Negeri 4 Probolinggo- Kartini menjadi salah satu sosok penting dalam emansipasi wanita di Indonesia. Oleh karena itu, setiap tanggal 21 April yang juga merupakan hari lahir perempuan asal Jepara, Jawa Timur tersebut diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya dalam kesetaraan gender. Tahun ini, Hari Kartini jatuh bertepatan pada hari Minggu (21/4/2024). Beberapa contoh kegiatan dan ide tema Hari Kartini tahun 2024 menjadi penting untuk mengetahui maksud dan tujuan mengadakan peringatan Hari Kartini 21 April.

Peringatan Hari Kartini dirayakan setelah 2 Mei 1964, usai Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964. Dalam keputusan tersebut, Kartini juga ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879, dan berasal dari kalangan bangsawan Jawa. Ia merupakan putri dari bupati Jepara bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dengan M.A. Ngasirah.

Peringatan Hari Kartini menjadi momen penting untuk merenungkan perjuangan Kartini dan meneruskan semangatnya. Hari ini, perempuan Indonesia telah mencapai banyak kemajuan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, politik, dan ekonomi. Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mencapai kesetaraan gender yang sejati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *