SMAN 4 PROBOLINGGO

Sekolah Penggerak

PRESTASI KEJURPROV JATIM VIII 2023 CABOR PETANQUE

PROBOLINGGO-Deril Rizky Darmawan, Siswa Kelas XI SMAN 4 PROBOLINGGO, berhasil meraih Medali Perak di Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) di Jawa Timur dalam kategori Double Mix Team. Salah satu Kelas dalam olahraga petanque.

PETANQUE (dibaca petang) merupakan salah satu jenis olahraga asal Prancis yang masih awam di telinga masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2017 lalu. Petanque sendiri merupakan olahraga yang menyerupai dengan permainan kelereng namun memiliki bentuk yang lebih besar. di olahraga petanque ada dua jenis olahraga. Pertama adalah pointing. Pointing dimainkan dengan dua atlet yang berusaha melemparkan bola besar yang terbuat dari besi. Lemparan harus dilakukan dalam jarak dekat dengan bola kecil dari kayu yang sudah dilemparkan terlebih dahulu. “Bola kecil kayu ini dilempar pertama kali dengan ketentuan jarak paling dekat enam meter dan paling jauh sepuluh meter. Kemudian atlet akan berusaha melemparkan bola besinya sedekat mungkin dengan bola kayu,” Setiap atlet mendapatkan giliran tiga kali melempar bola besi. Jadi setiap atlet harus memiliki strategi, akan melempar bola kayu kecil sejauh mana,” ujar Umi. Kedua yaitu shooting. Shooting dimainkan dengan prinsip permainan kelerang. Kedua atlet berusaha melempar bola besi ke bola besi lawa. Posisi bola besi sendiri harus ditentukan 7-10 meter. Setiap lemparan yang mengenai bola besi lawan akan mendapatkan angka. Atlet sendiri harus memiliki strategi agar lemparannya dapat mengenai bola besi lawan.

Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) cabang olahraga Petanque yang digelar di lapangan Petanque. Bertempat di Gor Mojopahit Mojokerto mulai tanggal 8 – 15 September 2023 sebagai ajang sarana memupuk persaudaraan dan prestasi olahraga petanque di Jawa Timur.Ketua Umum Pengprov FOPI Jawa Timur, Nurhasan menjelaskan,  Kejurprov ini sebagai tolak ukur pembinaan Cabor Petanque di Jawa Timur, membina dan memberi wawasan kebangsaan yaitu persaudaraan antar atlet se Jawa Timur memberi peluang untuk bersaing di level nasional dan Internasional. Even ini diharapkan mampu memberikan influen atau pengaruh ke masyarakat bahwa olahraga Petanque mampu memberi informasi positif bahwa Petanque sebagai olahraga prestasi untuk bisa ditampilkan sebagai pembinaan atlet pada level nasional.

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *