SMAN 4 PROBOLINGGO

Sekolah Penggerak

Membantu Sesama dengan Donor Darah_SMAN 4 Probolinggo

Probolinggo – Donor Darah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 3 Bulan sekali oleh Ekskul PMR SMA Negeri 4 Probolinggo. Kegiatan ini diikuti oleh warga sekolah yang terdiri dari Guru, tenaga kependidikan dan peserta didik di SMA Negeri 4 Probolinggo.

Ketua pelaksana kegiatan yaitu Bapak Bambang Hadi Purwanto menyampaikan bahwa kegiatan donor ini bertujuan untuk mengembangkan rasa kepedulian siswa kepada sesama manusia. Mengingat banyak pihak membutuhkan pertolongan dengan transfusi darah. Oleh sebab itu PMR memandang perlu bekerjasama dengan PMI untuk membantu mencukupi ketersediaan kantong darah di wilayah Probolinggo.

Ibu Ita Yuniastuti dan Bapak Anung Saptowo selaku Pembina PMR SMA Negeri 4 Probolinggo menambahkan, kegiatan donor ini selain untuk mengembangkan rasa kemanusiaan, donor darah juga memberikan manfaat bagi si pendonor sendiri. Dalam flyer yang dibagikan panitia, disampaikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh pendonor antara lain meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, dan mendorong menurunkan berat badan

Tentu tidak semua orang bisa menjadi pendonor. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah yaitu berusia 17 tahun hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 150 dan diastole di bawah 100 untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50 mmHg,”.

Sesuai Jadwal, kegiatan donor darah akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 26 Mei 2023 ; Jam 08.00-11.00 WIB hingga selesai. Semoga partisipasi warga SMA Negeri 4 Probolinggo bisa membantu warga masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

#SMAPA KREATIF#SekolahParaJuara#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *