Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Kepada Peserta Didik Di SMAN 4 PROBOLINGGO
Kajian tersebut dilatarbelakangi oleh kekhawatiran akan hilangnya karakter sosial pada peserta didik pada saat kondisi terkena musibah. Karakter peduli sosial merupakan sikap karakter yang harus diterapkan oleh guru kepada peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru, hambatan dan solusinya, serta untuk mengetahui hasil upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan karakter peduli sosial peserta didik sekolah menengah atas. guru selalu berupaya mengembangkan karakter peduli sosial siswa mulai dari perencanaan pembelajaran hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Adapun kendala yang dihadapi namun dapat diselesaikan dengan solusi yang ditawarkan. Dalam hal ini Guru mengajarkan Kepedulian sosial siswa yang harus dibangun sejak dini karena kehidupan siswa akan semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan dan keluasan wawasannya. Dengan adanya kepedulian sosial ini diharapkan ketika siswa terjun ke dunia masyarakan dapat memberikan konstribusi yang nyata terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat.
Pada pengembangan karakter peduli sosial di Sman 4 probolinggo ada salah satu siswa yang duduk di bangku kelas X, pada hari minggu tanggal 31 Juli 2023 terdampak musibah kebakaran rumah sehingga kondisi rumah memprihatikan dan juga peralatan rumah sampai pakaian yang di pakai untuk sekolah hangus terbakar. Kepala Sekolah beserta Waka Humas dan Kepala Tenaga Pendidik beserta sebagian Siswa mengunjungi Rumah Siswa tersebut dengan membawa Seragam Sekolah dan barang – barang kebutuhan lainnya untuk di serahkan kepada siswa tersebut. kegiatan ini menunjukkan Rasa Peduli Sosial Keluarga SMA NEGERI 4 PROBOLINGGO terhadap peserta didik. semoga dalam musibah ini siswa beserta keluaraga mendapakan ganti dari yang maha kuasa..Amin…