Kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester SMA Negeri 4 Probolinggo Tahun Pelajaran 2024 – 2025
Penilaian atau asesmen adalah sebuah rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Kegiatan penilaian dalam pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa supaya dapat mengukur dan memberikan informasi mengenai pencapaian kompetensi siswa yang diperoleh selama proses pembelajaran yang meliputi kegiatan belajar tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.
Asesmen formatif adalah proses mengumpulkan data mengenai sejauh mana kemajuan siswa dalam menguasai kompetensi yang ditargetkan. Dengan data yang diperoleh akan diinterpretasikan dengan teliti supaya guru dapat memutuskan kegiatan pembelajaran yang efektif bagi siswa agar dapat menguasai materi/kompetensi secara optimal. Tujuan asesmen formatif adalah untuk mengevaluasi proses pemahaman siswa terhadap pelajaran, kebutuhan pembelajaran, dan kemajuan akademik selama proses pembelajaran. Ada banyak macam teknik penilaian atau asesmen yang dapat dilakukan secara komplementer (saling melengkapi) sesuai dengan kompetensi yang dinilai sehingga dapat memberikan gambaran yang akurat tentang perkembangan belajar siswa. Tujuan dan fungsi kegiatan penilaian dalam pembelajaran antara lain sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator-indikator kompetensi dasar suatu mata pelajaran.
2. Menilai kebutuhan siswa secara individual.
3. Mendiagnosis kebutuhan pembelajaran.
4. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
5. Sebagai pedoman guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga guru dapat mengajar dengan lebih baik.
6. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan.